Bloom pada tahun 1956, dalam bukunya yang berjudul Taxonomy of Educational Objectives. Handbook I : Cognitive Domain yang diterbitkan oleh McKey New York telah membagi ranah (domain) kognitif menjadi beberapa bagian. Berikut adalah penjelasannya.
Tujuan pembelajaran dalan ranah (domain) kognitif atau intelektual dibagi menjadi 6 tingkatan, dilambangkan dengan huruf C (cognitive). Secara umum, makin tinggi tingkatannya semakin rumit tujuan pembelajaran itu yaitu:
1. Tingkat (Level) Pengetahuan – C1
Pada level atau tingkatan terendah ini dimaksudkan sebagai kemampuan mengingat kembali materi yang telah dipelajari, misalnya: (a) pengetahuan tentang istilah; (b) pengetahuan tentang fakta khusus; (c) pengetahuan tentang konvensi; (d) pengetahuan tentang kecendrungan dan urutan; (e) pengetahuan tentangklasifikasi dan kategori; (f) pengetahuan tentang kriteria; dan (g) pengetahuan tentang metodologi.Kata Kerja Operasional Level C1
Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C1 (Cognitive 1 – Pengetahuan) antara lain:- mengutip
- menyebutkan
- menjelaskan
- menggambar
- membilang
- mengidentifikasi
- mendaftar
- menunjukkan
- memberi label
- memberi indeks
- memasangkan
- menamai
- menandai
- membaca
- menyadari
- menghafal
- meniru
- mencatat
- mengulang
- mereproduksi
- meninjau
- memilih
- menyatakan
- mempelajari
- mentabulasi
- memberi kode
- menelusuri
- menulis
- merespon
2. Tingkat (Level) Pemahaman – C2
Pada level atau tingkatan kedua ini, pemahaman diartikan sebagai kemampuan memahami materi tertentu, dapat dalam bentuk: (a) translasi (mengubah dari satu bentuk ke bentuk lain); (b) interpretasi (menjelaskan atau merangkum materi);(c) ekstrapolasi (memperpanjang/memperluas arti/memaknai data).Kata Kerja Operasional Level C2
Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C2 (Cognitive 2 – Pemahaman) antara lain:- memperkirakan
- menjelaskan
- mengkategorikan
- mencirikan
- merinci
- mengasosiasikan
- membandingkan
- menghitung
- mengkontraskan
- mengubah
- mempertahankan
- menguraikan
- menjalin
- membedakan
- mendiskusikan
- menggali
- mencontohkan
- menerangkan
- mengemukakan
- mempolakan
- memperluas
- menyimpulkan
- meramalkan
- merangkum
- menjabarkan
3. Tingkat (Level) Aplikasi – C3
Pada level atau tingkatan ketiga ini, aplikasi dimaksudkan sebagai kemampuan untuk menerapkan informasi dalam situasi nyata.Kata Kerja Operasional Level C3
Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C3 (Cognitive 3 – Aplikasi) antara lain:- menugaskan
- mengurutkan
- menentukan
- menerapkan
- menyesuaikan
- mengkalkulasi
- memodifikasi
- mengklasifikasi
- menghitung
- membangun
- membiasakan
- mencegah
- menentukan
- menggambarkan
- menggunakan
- menilai
- melatih
- menggali
- mengemukakan
- mengadaptasi
- menyelidiki
- mengoperasikan
- mempersoalkan
- mengkonsepkan
- melaksanakan
- meramalkan
- memproduksi
- memproses
- mengaitkan
- menyusun
- mensimulasikan
- memecahkan
- melakukan
- mentabulasi
4. Tingkat (Level) Analisis – C4
Analisis adalah kategori atau tingkatan ke-4 dalam taksonomi Bloom tentang ranah (domain) kognitif. Analisis merupakan kemampuan menguraikan suatu materi menjadi bagian-bagiannya. Kemampuan menganalisis dapat berupa: (a) analisis elemen (mengidentifikasi bagian-bagian materi); (b) analisis hubungan (mengidentifikasi hubungan); (c) analisis pengorganisasian prinsip (mengidentifikasi pengorganisasian/organisasi).Kata Kerja Operasional Level C4
Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C4 (Cognitive 4 – Analisis) antara lain:- menganalisis
- mengaudit
- memecahkan
- menegaskan
- mendeteksi
- mendiagnosis
- menyeleksi
- merinci
- menominasikan
- mendiagramkan
- mengkorelasikan
- merasionalkan
- menguji
- mencerahkan
- menjelajah
- membagankan
- menyimpulkan
- menemukan
- menelaah
- memaksimalkan
- memerintahkan
- mengedit
- mengaitkan
- memilih
- mengukur
- melatih
- mentransfer
5. Tingkat (Level) Sintesis – C5
Level kelima adalah sintesis yang dimaknai sebagai kemampuan untuk memproduksi. Tingkatan kognitif kelima ini dapat berupa: (a) memproduksi komunikasi yang unik; (b) memproduksi rencana atau kegiatan yang utuh; dan (c) menghasilkan/memproduksi seperangkat hubungan abstrak.Kata Kerja Operasional Level C5
Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C5 (Cognitive 5 – Sintesis) antara lain:- mengabstraksi
- mengatur
- menganimasi
- mengumpulkan
- mengkategorikan
- mengkode
- mengombinasikan
- menyusun
- mengarang
- membangun
- menanggulangi
- menghubungkan
- menciptakan
- mengkreasikan
- mkengoreksi
- merancang
- merencanakan
- mendikte
- meningkatkan
- memperjelas
- memfasilitasi
- membentuk
- merumuskan
- menggeneralisasi
- menggabungkan
- memadukan
- membatas
- merefarasi
- menampilkan
- menyiapkan
- memproduksi
- merangkum
- merekonstruksi
6. Tingkat (Level) Evaluasi – C6
Level ke-6 dari taksonomi Bloom pada ranah kognitif adalah evaluasi. Kemampuan melakukan evaluasi diartikan sebagai kemampuan menilai ‘manfaat’ suatu benda/hal untuk tujuan tertentu berdasarkan kriteria yang jelas. Paling tidak ada dua bentuk tingkat (level) evaluasi menurut Bloom, yaitu: (a) penilaian atau evaluasi berdasarkan bukti internal; dan (2) evaluasi berdasarkan bukti eksternal.Kata Kerja Operasional Level C6
Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C6 (Cognitive 6 – Evaluasi) antara lain:- membandingkan
- menyimpulkan
- menilai
- mengarahkan
- mengkritik
- menimbang
- memutuskan
- memisahkan
- memprediksi
- memperjelas
- menugaskan
- menafsirkan
- mempertahankan
- memerinci
- mengukur
- merangkum
- membuktikan
- memvalidasi
- mengetes
- mendukung
- memilih
- memproyeksikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar